Posted by : Unknown Minggu, 12 Oktober 2014



 Head issues Ressist Community ini diinterpretasi secara beragam oleh beberapa kalangan. Salah seorang pimpinan partai menyebut DIAM dalam kalimat di atas dengan Kepura-puraan. Seorang tokoh nasional Sulbar menganalogikannya dengan Tingkat keimanan yang paling rendah, sebagaimana dalam sabda Nabi SAW ketika mereaksi sebuah kezaliman dan kemungkaran. Ada juga dalam nada bercanda; itu artinya Sugiging di tempat!

Secara filosofis, alam semesta ini adalah sumber kehidupan dan hanya ditempati oleh mahluk hidup saja. Pembagian ilmu biologi tentang mahluk ke dalam benda mati dan benda hidup tertolak oleh logika filosofis. Bagi filsafat, hanya ada satu jenis mahluk yang tercipta di alam semesta ini; yakni mahluk hidup semata; semua yang terdapat di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah SWT. Bertasbih adalah gerak yang hanya mungkin dilakukan oleh mahluk hidup. Jika tiada apa dan sesiapa yang tidak bertasbih, maka hanya keniscayaan hiduplah bagi sesala sesuatu.

Sejalan dengan ilmu pengetahuan, filsafat mengindikasikan hidup dari gerak. Gerak memiliki dua indikasi bawaan, yakni perpindahan dan perubahan.

Perpindahan adalah bergeraknya sesuatu dari satu titik ke titik lainnya. Gerak jenis ini disebut sebagai gerak aksiden. Sedangkan perubahan adalah gerak sesuatu dari suatu kondisi ke kondisi yang lain, gerak kedua ini disebut dengan gerak substansi. Gerak ansidental berhubungan dengan sisi fisik semata, sedangkan gerak subtansial adalah gerak potensi sesuatu bersama keseluruhan instrumen yang menjadi dirinya untuk mengaktual.

Manusia sendiri sebagai mahluk hidup terikat dengan hukum prinsipil dari gerak, seorang bayi yang beranjak besar  

menjadi belia lalu dewasa disebut melakukan gerak aksidental atau mengalami perubahan fisik. Sedangkan seorang yang beranjak kuliah akan tetapi tidak lebih dari anak SD dalam pola pikir dan aksi, disebut tidak mengalami gerak substansialBerjalan, berdiri, duduk, bicara, berpikir dan bertindak adalah aktivitas manusia dalam gerak. Bedanya adalah, semua aktivitas di atas adalah gerak pada volume maksimal, sedang diam adalah volume gerak pada titik paling nadir.

Demikian halnya, apabila semua aktivitas pada varian volume tersebut  tidak menghasilkan perubahan substansial berupa perkembangan diri disertai keseluruhan instrumentasinya, pada hakikatnya keseluruhan aktivitas tersebut bukanlah sebuah gerakan. Hidup meniscayakan gerak untuk perubahan menjadi lebih baik walaupun dalam volume minim seperti diam, apatah lagi pada volume maksimal.

Melawan meski dalam diam, sebagai salah satu slogan pergerakan Ressist Community bermakna gerak tanpa hentiPergerakan merupakan keniscayaan hidup, diampun adalah pergerakan yang harus terus mengalir untuk membentuk spektrum perubahan substansial.

     Melawan meski dalam diam adalah; gerak dinamis yang menentang kematian. Pergerakan untuk sebuah kemerdekaan dan kemandirian merdeka


penulis : Maenunis Amin. ( presiden Ressist Community )

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Blogger templates

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Social Icons

- Copyright © PSIKOLOGI PENDIDIKAN BIMBINGAN -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -