Posted by : Unknown Jumat, 17 Oktober 2014

Dari semua proses pendidikan, belajar merupakan kegiatan inti. Dimana pendidikan juga dapat diartikan sebagai salah satubantuan perkembangan diri melalui kegiatan belajar.
Secara psikologis, belajar dapat diartikan sebagai proses mendapatkan perubahan tingkah laku untuk memperoleh respons yang diperlukan ketika berinteraksi dengan lingkungan secara efisien.
Keberhasilan dalam belajar siswa sendiri sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik eksternal ataupun internal.




Faktor Eksternal
Faktor eksternal yang mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar meliputi berbagai aspik sosial dan nonsosial.
Aspek sosial merupakan faktor manusia yang dihadapi secara langsung seperti halnya berkomunikasi secara langsung/bertatap muka ataupun yang tidak dihadapi secara langsung seperti media masa, foto-foto yang beredar melalui surat kabar/tabloid, radio, televisi dan sebagainya.
Sedangkan yang termasuk dari faktor nonsosial adalah kondisi / keadaan lingkungan, sarana dan prasarana kegiatan belajar.

Faktor Internal
Kegiatan belajar juga dapat dipengaruhi oleh faktor internal seperti faktor fisik dan psikis. Adapun yang tergolong faktor fisik adalah nutrisi, kesehatan dan pancaindra. Sementara itu yang termasuk faktor psikis antara lain adalah kecerdasan, motivasi, minat, kesetabilan emosi, kebiasaan belajar dan sikap.
Karena begitu banyaknya masalah yang dapat terjadi dan dialami oleh peserta didik maupun pengajarnya, maka sekolah memiliki tanggung jawab yang besar untuk membantu siswa supaya dapat berhasil dalam belajar.
Untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dialami oleh peserta didik, hendaknya sekolah memberikan bantuan kepada siswa berupa program bimbingan dan konseling guna membantu supaya siswa dapat berhasil dalam belajar.
Adapun layanan bimbingan belajar yang dapat diberikan kepada siswa dapat bersifat preventif dengan memberikan berbagai informasi tentang cara dan kebiasaan belajar yang positif, cara membaca buku efektif, cara mengikuti kegiatan belajar di sekolah, cara dan teknik menyusun laporan, cara menyusun belajar kelompok dan cara membuat catatan pelajaran.
Pengajar juga dapat memberikan bimbingan belajar yang bersifat kuratif, dimana layanan bantuan untuk siswa ini juga memberikan dampak yang baik dengan menerapkan langkah-langkah seperti berikut ini:
  • Mengidentifikasi kasus
  • Mengidentifikasi masalah/kesulitan belajar
  • Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar
  • Mengambil kesimpulan dan memberikan layanan bantuan berdasarkan kesimpulan yang telah diperoleh dari hasil identifikasi yang dilakukan.
Sumber: http://www.pojokpedia.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Blogger templates

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Social Icons

- Copyright © PSIKOLOGI PENDIDIKAN BIMBINGAN -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -